Survey kepuasan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara sistematik dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan Tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Survey Kepuasan yang biasa dilakukan di perguruan tinggi adalah survey kepuasan mahasiswa terhadap dosen dan tendik, survey kepuasan stakeholder atau pengguna lulusan, dan survey kepuasan dosen terhadap tata pamong. Survey kepuasan merupakan salah satu bentuk evaluasi internal yang ditinjau secara berkala dan disesuaikan dengan aturan dan ketentuan yang berlaku terutama dengan SN-DIKTI. Melalui survey sebuah perguruan tinggi dapat mengetahui apakah mereka telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan atau masih diperlukan peningkatan-peningkatan dalam bidang tertentu.
Jumlah mahasiswa Universitas Mayjen Sungkono tiap tahun semakin bertambah. Pertambahan jumlah mahasiswa ini perlu dibarengi dengan peningkatan kualitas dari seluruh civitas akademika. Untuk menunjang hal tersebut, maka salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan memberikan layanan yang berkualitas kepada mahasiswa dibidang Pendidikan yang salah satu kegiatannya adalah pembelajaran. Akan tetapi, proses penyusunan instrument kepuasan dan pengukuran tingkat kepuasan belum sepenuhnya diterapkan dengan baik di Universitas Mayjen Sungkono. Oleh karena itu, sangat penting bagi salah satu anggota Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) untuk mengikuti workshop penyusunan instrument kepuasan stakeholder yang mengacu pada BAN-PT dan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) yang akan dilaksanakan oleh LPM UIN Sunan Kalijaga pada tanggal 11 – 17 September 2023 di Hotel Sahid Yogyakarta. Universitas Mayjen Sungkono mengirim salah satu anggota Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) yaitu Fahrur Rijal Ardiyanto, S.Pd., M.Pd. sebagai Kepala Bagian Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal.
Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB diawali dengan sambutan dari Sekretaris LPM UIN Sunan Kalijaga Nuristighfari Masri Khaerani, S.Psi., M.Psi. Beliau memberikan penuturan mengenai betapa pentingnya sebuah perguruan tinggi untuk memiliki instrument survey kepuasan yang baik dan terorganisir agar perguruan tinggi tersebut menjadi lebih berkualitas dan mampu memberikan kepuasan kepada para stakeholder.
Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama oleh Dr. Epha Diana Supandi, S.Si., M.Sc. tentang Pengantar Penyusunan Instrumen Survey Kepuasan Layanan di Perguruan Tinggi. Kemudian acara berlanjut sesuai dengan rundown yang telah ditentukan sampai akhir acara. Kegiatan ini selesai pada tanggal 16 September 2023 dan ditutup tepat pukul 17.00 WIB dan para peserta dipersilakan untuk meninggalkan tempat beserta dengan SPPD yang sudah ditanda tangani dan distempel oleh pejabat berwenang dari UIN Sunan Kalijaga.
Ditulis
oleh Fahrur Rijal Ardiyanto